Khamis, 14 Januari 2010

::Aktiviti 3: Learning Object - Objek Pembelajaran

Learning Object - Objek Pembelajaran ::












Istilah learning object memiliki banyak arti bagi banyak orang. Sampai saat ini definisi operasional dari learning object masih menjadi perdebatan. Beberapa ahli mengumpamakan learning object seperti balok-balok LEGO™. Dalam perumpamaan tersebut dinyatakan, “small pieces of instruction (the LEGO blocks) that can be assembled (stacked together) into some larger instructional structure (castle or spaceship)” (Wiley, 1999) yang secara bebas diartikan, “bagian-bagian kecil dari pembelajaran (balok-balok LEGO) yang dapat dirakit (ditumpuk-tumpuk) menjadi suatu struktur pembelajaran yang lebih besar (puri atau pesawat ruang angkasa)”.



Willey, Gibson, & Recker (2000) kemudian mengumpamakan learning object lebih jauh lagi sebagai atom karena berdasarkan hukum ikatan kimia, atom merupakan unit terkecil namun tidak semua atom dapat saling berikatan untuk menyusun suatu molekul .

Learning object adalah konsep inti dalam suatu pendekatan isi pembelajaran dimana isi pembelajaran tersebut dipecah lagi kedalam bagian-bagian (chunk). Bagian-bagian ini kemudian dapat digunakan lagi, dibuat, dipelihara secara terpisah, dan dipisah lalu digabungkan kembali seperti halnya LEGO™. Sementara itu, New Media Consortium (NMC) sebagai bagian dari pemrakarsa learning object mendefinisikan learning object sebagai setiap kumpulan materi yang terstruktur secara berarti dan terikat ke dalam suatu tujuan pembelajaran. Materi-materi tersebut dapat berupa dokumen, gambar, simulasi, video, audio, dan sebagainya. Sementara itu, terdapat definisi yang diterima oleh industri meskipun sangat luas dan tidak secara jelas mengacu pada tujuan pembelajaran, hasil kinerja, pengukuran dan lainnya. Definisi tersebut dikelurkan oleh IEEE Learning Technology Standards Committee (LTSC) yang menyatakan bahwa: learning objects are “any entity, digital or nondigital, which can be used, reused, or referenced during technology-supported learning” (learning object adalah “suatu kesatuan, baik digital maupun non-digital yang dapat digunakan, digunakan kembali, atau direferensikan selama pembelajaran dengan dukungan teknologi). Menurut Wiley: learning objects are elements of a new type of computer-based instruction grounded in the object-oriented paradigm of computer science (learning object adalah elemen-elemen dari tipe pembelajaran berbasis komputer yang baru dalam paradigm berbasis objek dalam ilmu komputer).

Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Learning Object yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bagian-bagian materi pembelajaran yang dirakit menjadi struktur pembelajaran yang lebih besar dimana setiap bagiannya dapat digunakan atau digunakan kembali secara terpisah.

Learning object dapat diintegrasikan dalam suatu course dengan menggunakan learning management system (LMS) untuk menciptakan dan mengelola tautan antar objek pembelajaran.

Berdasarkan definisi yang diadaptasi dari Wisconsin Online Resource Center, Robert J. Beck menyatakan bahwa learning object memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:

a. Learning object adalah cara baru berfikir tentang isi pembelajaran. Biasanya isi pelajaran terdiri dari bagian-bagian yang menghabiskan waktu beberapa jam. Learning object adalah bagian yang labih kecil dari belajar, biasanya berkisar dua hingga lima belas menit.

b. Learning object bersifat independen; setiap learning object dapat digunakan secara independen untuk tujuan yang berbeda.

c. Dapat dikelompokkan; setiap learning object dapat dikelompokkan ke dalam baghaian-baghaian isi yang lebih besar, termasuk struktur pembelajaran tradisional.

d. Di tag dengan metadata; setiap learning object memilki informasi deskriptif yang memudahkan ketika dicari kembali.
---
Rujukan:

1. Baritt, Chuck, F. Lee Alderman Jr.. 2004. Creating a Reusable Learning Object Strategy: Leveraging Information and Learning in a Knowledge Economy. San Francisco: Pfeiffer.

2. Robson, Robby. last accessed, Jan. 16th 2009. Learning Object Tutorial. http://www.eduworks.com/LOTT/Tutorial/learningobjects.html

3. SEAMOLEC. 2008. LOM, Interaction Design, and Legal & Ethical Issues. Jakarta.

4. Wikipedia: Free Encyclopedia. 2008. Learning Object. http://en.wikipedia.org/wiki/Learning_object.

5. Willey, David A., II. 2000. Learning Object Design and Sequenceing Theory. Utah: Brigham Young University.


Picture Source:


European Journal of Open Distance and E-Learning (EUDODL)
http://www.eurodl.org/materials/contrib/2005/Santally_files/image002.jpg

Tiada ulasan:

Catat Ulasan